Copyright 2014. Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 28 September 2014

Menambah/Meluluskan Siswa PADAMU NEGERI dengan mudah





Assalamulaikum wr. wb.
Pada postingan sebelumnya sudah dibahas cara mendaftarkan Admin Sekolah. Setelah terdaftar tentunya kita bisa bekerja mengelola sekolah pada PADAMU NEGERI. Kali ini akan kita bahas cara menambah siswa kelas 1, menaikkan siswa kelas 2 - 5 dan meluluskan siswa kelas 6.
Caranya mudah jika kita sudah memahami cara kerjanya, hanya dalam satu kali kerja semua bisa diselesaikan.

Berikut langkah-langkahnya :
  • Log in Admin/Operator Sekolah menggunakan email, tentunya email yang telah terdaftar sebagai Admin/Operator Sekolah Anda.
  • Pilih PADAMU SEKOLAH.


  •  Lalu pilih Siswa & Alumni.


  •  Pilih Siswa kemudian Daftar Siswa.


  • Berikutnya akan tampil daftar siswa yang telah kita entry pada tahun sebelumnya. Kita bisa meng-entry siswa baru satu per satu, tentunya ini akan membutuhkan waktu yang lama. Agar bisa menambah, menaikkan dan meluluskan siswa dengan mudah dalam satu kali tempo kita unduh dulu format XLS. Klik seperti pada gambar.
  • Buka file yang telah kita unduh
         Isi data siswa sesuai dengan kolom.
         Untuk menambah siswa kelas 1 isilah data siswa sesuai dengan kolom. Kode sistem di kosongkan saja, untuk tanggal lahir sesuikan dengan format. Jika tidak sesuai pada saat unggah akan terjadi kesalahan. Tahun masuk bagi siswa baru diisi 2014. Untuk menaikkan kelas ganti kelas pada kolom tingkat. Misal kelas 1 naik ke kelas 2 maka pada kolom tingkat diganti dengan angka 2, begitu seterusnya, dan untuk kelas 6 yang telah lulus ganti dengan angka 7. Setelah selesai klik simpan untuk menyimpan perubahan yang telah kita lakukan.



  • Setelah memastikan data siswa semua benar kita unggah file XLS yang telah kita edit pada ikon Upload data siswa. (Saat Upload data siswa simpan dan tutup Microsoft Excel yang kita edit).



  • Klik "Pilih file" kemudian "Unggah"


  • Jika terjadi kesalahan, sistem akan memberitahu kesalahan yang terjadi. Jika terjadi demikian cek lagi file XLS yang telah kita edit, apakah sudah sesui dengan format atau belum. Pada tahap ini rata-rata kesalahan terjadi pada format tanggal lahir. Jika benar demikian betulkan tanggal lahir sesuai dengan format. Ulangi langkah unggah siswa.
  • Jika dalam mengunggah data siswa sudah benar maka siswa yang mulannya kelas 1 akan naik ke kelas 2, begitu seterusnya. Untuk kelas 6 silakan klik "Alumni" > "Daftar alumni". Siswa yang telah lulus pada status terlihat tanda silang (x).



Nah, mudahkan!!!
Selamat bekerja dan semoga berhasil.


0 komentar

Posting Komentar